INFORMASI :

:: Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Pondokgebangsari ::

PKK Maju, Perempuan Unggul

PKK Maju, Perempuan Unggul

Pondokgebangsari – Perempuan merupakan salah satu pondasi kokohnya sebuah rumah tangga. Peran aktif seorang ibu rumah tangga sangat diperlukan dalam membina rumah tangga. Ibu harus berperan menjadi seorang istri, mengurus anak-anak dan mengurus rumah tangga.

Rumah adalah sekolah pertama bagi anak-anak dan Ibu adalah gurunya. Seorang ibu rumah tangga haruslah pandai, bukan hanya pandai memasak dan mengurus rumah. Tetap, lebih pentingnya seorang ibu haruslah mengerti cara dan point penting dalam mengurus anak-anak.

Hal inilah yang mendorong pemerintah membentuk sebuah organisasi kemasyarakatan bagi perempuan yaitu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga. Organisasi ini sering dikenal dan disebut dengan istilah PKK. Anggota dari organisasi ini adalah perempuan khususnya ibu rumah tangga. PKK mempunyai 10 program pokok yang mencakup berbagai kebutuhan, baik kebutuhan primer maupun kebutuhan sosial psikologis.

1.       Penghayatan dan Pengamalan Pancasila

2.       Gotong Royong

3.       Pangan

4.       Sandang

5.       Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga

6.       Pendidikan dan Ketrampilan

7.       Kesehatan

8.       Pengembangan Kehidupan Berkoperasi

9.       Kelestarian Lingkungan Hidup

10.   Perencanaan Sehat

PKK desa Pondokgebansari juga ikut berperan aktif dalam mensukseskan program pemerintah tersebut. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan rutin PKK yang dilaksanakan setiap bulan yang bertepatan pada hari kamis kedua.

Kamis (12/12/2019) merupakan waktu yang sudah disepakati anggota PKK desa Pondokgebangsari untuk mengadakan Kegiatan rutinan PKK yang bertempat di Aula Balai Desa Pondokgebangsari.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pengurus dan anggota PKK. Kegiatan yang dimulai pukul 09.30 WIB ini di isi dengan berbagai kegiatan positif.

Arisan anggota PKK merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan. Alasan pemilihan kegiatan ini adalah untuk mendorong keaktifan ibu rumah tangga supaya dapat hadir dan mengikuti setiap program yang dirumuskan oleh pengurus PKK desa Pondokgebangsari

Selain arisan,kegiatan yang rutin dilakukan disetiap pertemuan yaitu penyampaian materi yang terkait dengan 10 program pokok PKK dengan narasumber yang berkompeten. Disela-sela kegiatan ini, sering diselingi tambahan pelatihan atau ketrampilan lain.

Memasak, merupakan salah satu selingan yang sering disisipkan pada kegiatan ini. Edukasi tentang cara membuat olahan-olahan dari bahan yang sederhana namun tetap mencakup gizi yang cukup untuk keluarga merupakan salah satu kegiatan yang menarik perhatian anggota PKK.

“Kebanyakan ibu rumah tangga kurang memahami betapa pentingnya menjaga keseimbangan gizi bagi anggota keluarganya, apalagi mereka yang memiliki pendidikan menengah ke bawah (SD/SMP)” tutur salah satu pengurus PKK.

Kejutan-kejutan dalam kegiatan ini juga sering dilakukan oleh pengurus. Diharapkan dengan keanekaragaman kegiatan yang ada pada rutinan PKK dapat menarik minat ibu rumah tangga yang ada di desa Pondokgebangsari supaya ikut aktif dalam kegiatan PKK.

“Kami berharap, semoga ibu-ibu yang ada di desa ini (Pondokgebangsari) bisa ikut aktif dalam setiap kegiatan, baik itu kegiatan PKK atau bukan, baik yang dilaksanakan di desa maupun di luar desa” kata Ibu Kepala Desa Pondokgebangsari.

Kegiatan kali ini dihadiri oleh pihak Puskesmas Kecamatan Kuwarasan dengan agenda membahas perihal Survey Mawas Diri (SMD) dan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD). Kegiatan ini menitik beratkan tentang cara pencegahan penyakit. Pencegahan penyakit dimulai paling dasar yaitu rumah. Rumah tempat kita tinggal haruslah bersih dan sehat supaya anggota keluarga itupun sehat.

SMD dan MMD merupakan suatu upaya bersama yang dilakukan oleh Puskesmas dengan melibatkan peran serta masyarakat untuk bersama-sama mengidentifikasi permasalahan kesehatan di masyarakat, dan menggali potensi-potensi yang dimiliki untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Parenting tentang pencegahan penyakit ini disampaikan oleh beberapa perwakilan dari pihak Puskesmas yang diwakili oleh Pak Hendri, Ibu Citra, Ibu Esa dan Bidan desa (Ibu Tuginah).

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Berikut 14 Ruas Jalan yang Tengah Dibangun Pemkab Kebumen
Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2